Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sumatera Utara TA 2023/2024


Bersama ini kami biayakuliah.info menyampaikan informasi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sumatera Utara TA 2023/2024, sebagai berikut:

SEJARAH UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Sejarah Universitas Sumatera Utara (USU) dimulai dengan berdirinya Yayasan Universitas Sumatera Utara pada tanggal 4 Juni 1952. Pendirian yayasan ini dipelopori oleh Gubernur Sumatera Utara untuk memenuhi keinginan masyarakat Sumatera Utara khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.

Pada zaman pendudukan Jepang, beberapa orang terkemuka di Medan termasuk Dr. Pirngadi dan Dr. T. Mansoer membuat rancangan perguruan tinggi Kedokteran. Setelah kemerdekaan Indonesia, pemerintah mengangkat Dr. Mohd. Djamil di Bukit Tinggi sebagai ketua panitia. Setelah pemulihan kedaulatan akibat clash pada tahun 1947, Gubernur Abdul Hakim mengambil inisiatif menganjurkan kepada rakyat di seluruh Sumatera Utara mengumpulkan uang untuk pendirian sebuah universitas di daerah ini.

Pada tanggal 31 Desember 1951 dibentuk panitia persiapan pendirian perguruan tinggi yang diketuai oleh Dr. Soemarsono yang anggotanya terdiri dari Dr. Ahmad Sofian, Ir. Danunagoro dan sekretaris Mr. Djaidin Purba. Sebagai hasil kerjasama dan bantuan moril dan material dari seluruh masyarakat Sumatera Utara yang pada waktu itu meliputi juga Daerah Istimewa Aceh, pada tanggal 20 Agustus 1952 berhasil didirikan Fakultas Kedokteran di Jalan Seram dengan dua puluh tujuh orang mahasiswa diantaranya dua orang wanita. Kemudian disusul dengan berdirinya Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (1954), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (1956),dan Fakultas Pertanian (1956).

Pada tanggal 20 November 1957, USU diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Dr. Ir. Soekarno menjadi universitas negeri yang ketujuh di Indonesia. Pada tahun 1959, dibuka Fakultas Teknik di Medan dan Fakultas Ekonomi di Kutaradja (Banda Aceh) yang diresmikan secara meriah oleh Presiden R.I. kemudian disusul berdirinya Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (1960) di Banda Aceh. Sehingga pada waktu itu, USU terdiri dari lima fakultas di Medan dan dua fakultas di Banda Aceh.

Selanjutnya menyusul berdirinya Fakultas Kedokteran Gigi (1961), Fakultas Sastra (1965), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (1965), Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (1982), Sekolah Pascasarjana (1992), Fakultas Kesehatan Masyarakat (1993), Fakultas Farmasi (2006), Fakultas Psikologi (2007), Fakultas Keperawatan (2009), Fakultas Kehutanan (2014).

Baca Juga:   Penerimaan Mahasiswa Baru S2 Universitas Sumatera Utara TA 2023/2024

Pada tahun 2003, USU berubah status dari suatu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menjadi suatu perguruan tinggi Badan Hukum Milik Negara (BHMN). Perubahan status USU dari PTN menjadi BHMN merupakan yang kelima di Indonesia. Sebelumnya telah berubah status UI, UGM, ITB dan IPB pada tahun 2000. Setelah USU disusul perubahan status UPI (2004) dan UNAIR (2006).

Dalam perkembangannya, beberapa fakultas di lingkungan USU telah menjadi embrio berdirinya tiga perguruan tinggi negeri baru, yaitu Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh, yang embrionya adalah Fakultas Ekonomi dan Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan USU di Banda Aceh. Kemudian disusul berdirinya Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Medan (1964), yang sekarang berubah menjadi Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang embrionya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USU. Setelah itu, berdiri Politeknik Negeri Medan (1999) yang semula adalah Politeknik USU.

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Program Mahasiswa SNMPTN

  • SNMPTN adalah seleksi mahasiswa baru berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa.
  • SNMPTN bertujuan untuk menyeleksi mahasiswa baru berkualitas secara akademik dengan prinsip ekuitas namun tetap memperhatikan kondisi ekonomi dan asal daerah siswa.
  • SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor semester 1 sampai dengan 5 bagi SMA/SMK/MA atau yang sederajat dengan masa belajar 3 tahun; atau semester 1 sampai dengan 7 bagi SMK dengan masa belajar 4 tahun; serta dengan mempertimbangkan portofolio akademik calon mahasiswa.
  • Siswa yang berhak mengikuti seleksi jalur SNMPTN adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan memiliki prestasi unggul dan rekam jejak prestasi akademik pada PDSS. Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah SMA/SMK/MA atau sederajat yang memiliki NPSN dan telah mengisi PDSS dengan lengkap dan benar.

Program Mahasiswa SBMPTN

  • SBMPTN adalah seleksi mahasiswa baru di tingkat nasional dengan menggunakan ujian tulis atau hasil kombinasi antara ujian tulis dan ujian keterampilan.
  • Ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan dasar yang dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua Program Studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (Saintek), dan/atau bidang sosial dan humaniora (Soshum). Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih Program Studi ilmu seni dan/atau keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.
  • SBMPTN memiliki tujuan: (1) Menyeleksi calon mahasiswa yang diprediksi mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik, dan (2) Memberi kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.
Baca Juga:   Pendaftaran S1 Teknik Informatika ( UNIKOM ) Bandung

Program Mahasiswa MANDIRI

  • Seleksi ini menggunakan ujian tulis berbasis komputer sebagai alat ukur yang valid dan reliabel dalam menyeleksi dan menentukan kemampuan akademik calon mahasiswa.
  • Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) ditujukan untuk memenuhi daya tampung Program Studi yang belum terpenuhi pada jalur SNMPTN dan SBMPTN, khususnya beberapa Program Studi yang peminatnya kurang.
  • Peserta harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
    • Tamatan SMTA (SMA, MA, SMK, SMTA luar negeri, ujian persamaan, dsb.)
    • Tahun berjalan dan atau paling lama kelulusan 3 (tiga) tahun terakhir.
    • Tamatan Paket C tahun berjalan atau 3 (tiga) tahun terakhir yang memiliki rapor tiga tahun (selama yang bersangkutan mengikuti program tersebut)

Program Pascasarjana

  • Seleksi dilakukan dalam dua tahapan yaitu ujian Tes Potensi Akademik (TPA) dan seleksi wawancara.
  • Proses pendaftaran dilakukan secara online sehingga calon mahasiswa dari berbagai lokasi dapat mengakses secara terbuka tanpa harus datang langsung ke Sekolah Pascasarjana USU.
Baca Juga:   Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Pancasila TA 2024/2025

Program Diploma

  • Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD) Universitas Sumatera Utara merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Diploma (D3) yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Sumatera Utara dalam bentuk ujian tertulis berbasis komputer.
  • Proses pendaftaran SPMPD dilakukan secara online sehingga calon mahasiswa dari berbagai lokasi dapat mengakses secara terbuka tanpa harus datang langsung ke USU.

PPDS

  • Program Pendidikan Dokter Spesialis merupakan jenjang lanjut dari Program Pendidikan Profesi Dokter.
  • Tahap seleksi PPDS:
    • Pendaftar secara online
    • Pengiriman hard copy berkas calon peserta PPDS ke TKP PPDS FK USU
    • Pengumuman seleksi berkas
    • Pembayaran biaya pendaftaran
    • Ujian Psikotes dari Fakultas Psikologi USU
    • Ujian Tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) dari Fakultas Kedokteran USU
    • Ujian Computer Based Test (CBT) dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran USU
    • Ujian tulisan, ujian lisan/wawancara dilaksanakan di masing-masing Program Studi Spesialis terkait

Loading