Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Agama Islam Duta Bangsa TA 2023/2024


Bersama ini kami biayakuliah.info menyampaikan informasi tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Agama Islam Duta Bangsa TA 2023/2024, sebagai berikut:

STAI Duta Bangsa Bekasi berdiri pada tahun 2008, dengan surat keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor Dj. I/ 302 2008 tertanggal 4 September 2008, lahir sebagai salah satu wujud dari kepedulian dan komitmen Yayasan Pendidikan Patriot Bekasi yang bertujuan untuk mendapat mengembangkan sumber daya manusia melalui jalur pendidikan tinggi. STAI Duta Bangsa Bekasi ini mempunyai program studi yaitu S1 Hukum Ekonomi Syariah.

STAI Duta Bangsa Bekasi ini melaksanakan empat tugas mulia melalui tri dharma perguruan tinggi, yaitu menyelnggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Keputusan untuk melahirkan jurusan Hukum Ekonomi Syariah di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam Duta Bangsa Bekasi didorong oleh keinginan luhur dari pimpinan yayasan dan pihak yang ingin menyumbangkan tenaga dan pikirannya dibidang pendidikan. Guna meningkatkan kapasitas organisasinya dalam wadah STAI Duta Bangsa Bekasi yang mengacu dalam kaidah keilmuan dan keislaman secara integritas dan holistik. Upaya ini dimaksudkan untuk menyatukan kader intelektual secara memadai dan keluhuran hati yang terkendali, serta mengacu kepada nilai-nilai Islam yang menjadi spirit dalam pemikiran dan tingkah laku.

Dalam hal penggunaan nama STAI Duta Bangsa Bekasi didasari oleh pertimbangan kesamaan disiplin ilmu dan efisiensi pengelolaan. Disamping itu Yayasan Patriot Pendidikan Bekasi dalam jangka panjang ingin mendirikan program-program studi lain dibidang kesehatan, serta dibidang matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam.

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STAI DUTA BANGSA BEKASI

Baca Juga:   Pendaftaran S2 Universitas Surapati Jakarta

Kriteria Penerimaan Mahasiswa Baru

Ketentuan  umum  dalam  penerimaan  mahasiswa  baru  yang  digunakan  di  Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa sebagai berikut:

  1. Persyaratan Ijazah SMA:
No PROGRAM STUDI JENJANG SARJANA AKREDITASI SYARAT IJAZAH
1 Hukum Ekonomi Syariah S1 C Semua jurusan SMA atau sederajat

2. Persyaratan Khusus Program Studi:

Khusus mahasiswa jalur Beasiswa Bidikmisi wajib melapirkan persyaratan beasiswa

3. Persyaratan Umum:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Bagi WNA harus disertakan surat ijin dari Dirjen Dikti Kemendiknas.
    Membayar uang pendaftaran Rp.250.000
  • Melampirkan ijazah/ STTB/ Keterangan lulus yang dilegalisir sebanyak 2 lembar.Pas foto berwarna menggunakan pakai sopan dan beckground merah/ biru ukuran
    3×4 (5 lembar).
  • Foto copy akta kelahiran/ surat tanda lahir 1 lembar. g. Foto copy kartu keluarga (KK) 1 Lembar.
    Foto copy KTP
  • Surat keterangan pindah (ASLI) dari perguruan tinggi asal dan transkrip nilai yang dilegalisir (bagi mahasiswa pindahan atau alih jalur dari perguruan tinggi lain).

Instrumen Penerimaan Mahasiswa Baru

Untuk dapat dinyatakan lolos seleksi, maka setiap pendaftar harus melakukan tes tertulis yang dilaksanakan di kampus Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa. Soal yang diujikan terdiri dari beberapa komponen. Masing-masing komponen terdiri dari 5 -10 soal dengan waktu pengerjaan semua soal 90 menit. Adapun komponen soal yang diujikan adalah sebagai berikut:

  1. Matematika Dasar
  2. Analogi
  3. Bahasa Indonesia
  4. Bahasa Inggris
  5. Fisika Dasar

Waktu Pendaftaran

Baca Juga:   Kuliah Sabtu Minggu Universitas Darul Ulum (UNDAR) Jombang

Proses pendaftaran penerimaan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa dilakukan secara langsung di Kantor Biro Pemasaran dan Kerjasama Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa Adapun Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru:

  • Gelombang I = 25 September – 25 November 2022
  • Gelombang II = 26 November 2022 – 17 Januari 2023
  • Gelombang III = 4 Juli – 5 September 2023

Registrasi Ulang dan Verifikasi Dokumen

Sebagai bagian dari proses menjadi mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa, pendaftar yang telah dinyatakan lulus seleksi diharuskan melakukan registrasi ulang. Proses untuk menjadi mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa adalah dengan melakukan registrasi ulang. Resgistrasi ulang dilakukan paling lambat pada akhir gelombang pendaftaran yang diikuti pendaftar dan hal ini tertera pada SURAT PANGGILAN DITERIMA dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Melakukan pembayaran paket uang kuliah sesuai biaya yang di tentukan melalui setoran tunai atau transfer Bank BNI dengan nomor rekening 055-292-3611 atas nama Yayasan Duta Bangsa Indonesia.
  2. Kemudian melakukan konfirmasi ke Bagian Keuangan di Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa dengan membawa bukti pembayaran dari bank.
  3. Setelah itu melakukan verifikasi dokumen kelengkapan pendaftaran di bagian FO/Biro Pemasaran dan Kerjasama
  4. Kemudian mengisi formulir identitas mahasiswa baru dan mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) di Bagian Akademik dengan menunjukkan bukti pembayaran dari bank.

Pengunduran Diri

Baca Juga:   Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Jendral Achmad Yani Yogyakarta TA 2023/2024

Pengunduran diri dari calon mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Duta Bangsa ditentukan sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa yang sudah melakukan registrasi ulang dan akan mengundurkan diri, maka uang registrasi ulang akan dikembalikan setelah dipotong biaya administrasi sebesar Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah).
  2. Proses pengunduran diri sebagaimana dimaksud pada butir 1 (satu) hanya dapat dilakukan paling lambat pada tanggal 08 September 2018.
  3. Pengunduran diri di luar ketentuan pada butir 2 (dua) di atas tidak akan dilayani.

Pembatalan

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima dan telah melakukan registrasi, ternyata di kemudian hari tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan /atau tidak melalui prosedur yang ditetapkan (melakukan kecurangan/pemalsuan identitas/perjokian maupun perbuatan melawan hukum lainnya), maka status yang bersangkutan sebagai mahasiswa/calon mahasiswa dinyatakan batal demi hukum. Terhadap pembatalan tersebut maka seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dikembalikan.

Loading